Cara membuat Algae Flakes Alami dari Rumah sebagai pakan udang hias Aquascape

bentuk algae flakes komersial (gambar adalah ilustrasi contoh)
Algae flakes atau serpihan algae adalah pakan alami yang terbuat dari algae yang paling disukai oleh udang hias aquascape, disini saya akan menjelaskan cara membuat atau menghasilkan algae flakes alami dari rumah.

Algae flakes yang saya temukan secara tidak sengaja adalah dari micro algae yang sering saya kultur setiap hari untuk pakan alami kutu air atau zooplankton moina macrocopa, micro algae ini adalah sedimen atau endapan dari sisa kultur yang sengaja saya buang namun mengering di tanah dan akhirnya membentuk semacam serpihan algae kering.



Serpihan algae kering ini sering saya ambil sebagai media kompos untuk tanaman cabai dan tomat yang saya budidaya di pekarangan rumah, dari bentuk teksturnya serpihan algae kering ini mirip dengan algae flakes yang di jual secara kemasan di toko ikan hias namun agak sedikit lebih tebal.



Untuk mengatasi rasa penasaran kemudian saya ambil sedikit untuk saya berikan ke red cherry di tank saya dan dapat anda lihat hasilnya di video di bawah ini.




Dengan demikian jika di seriuskan kita dapat membuat algae flakes alami yang teksturnya lebih mirip seperti algae flakes kemasan bermerk dengan cara micro algae cair yang kemudian di jemur atau di oven hingga kering kemudian bisa langsung di simpan di wadah kering sebagai pakan alami untuk udang hias kesayangan kita.

Komentar


Postingan populer dari blog ini

Algae Fertilizer Sebagai Nutrisi untuk Mengkultur Micro Algae Green Water

Hemianthus Callitrichoides ‘CUBA’ Cara Merawatnya

Azolla Microphylla - Pakan Organik Yang Dapat di Budidaya Kembali